Tuesday, February 23, 2016

Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat Lezat Pudding

gebycute.blogspot.com - Menu Internasional - Membuat masakan dgn bahan yg murah bukan berarti tak memiliki citarasa yg nikmat. Hal ni bisa dibuktikan dgn resep yg akan kami bagikan kali ini. Resep yg bisa anda coba di rumah kali ni adlh resep oncom sangrai. Ya oncom memang bukan bahan makanan yg mahal, tapi makanan dari bahan oncom akan memberi citarasa yg tak kalah nikmat dgn makanan yg lain. Oncom sendiri merupakan makanan tradisional asli Nusantara yg sangat dikenal di daerah Jawa Barat. Makanan murah in merupakan hasil fermentasi yg terjadi oleh proses beberapa jenis kapang, prosesnya sendiri hampir mirip dgn pengolahan tempe. Yang membuatnya berbeda adlh jika oncom bisa diolah setelah menghasilkan spora, sedangkan tempe bisa dijual sebelum menghasilkan spora.
Meskipun bahan untk membuat masakan kali ni sangat murah, tapi kandungan gizi yg terdapat pd oncom tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam hal ni oncom bisa menjadi alternatif yg baik sebagai asupan gizi dgn harga yg murah. Oncom dikatakan mengandung karbohidrat dan protein yg tercerna dan cukup tinggi. Selain itu populasi kapang yg memproses oncom mampu menekan produksi aflaktoksin yg mencemari bungkil. Jadi jangan ragu untk menjadikan oncom sebagai laternatif bahan makanan yg sehat, meskipun tampilan dari oncom ni terlihat tak menarik.
Membuat oncom sangrai sangat mudah, bahan yg digunakan terbukti sangat murah dan bisa didapatkan di pasar-pasar tradisional. Bumbu-bumbu yg digunakan jg sangat mudah, semua yg ada di dapaur sebagai bumbu sehari-hari bisa untk membuat makanan yg nikmat ini. Selain itu proses membuat oncom sangrai jg sangat mudah, anda semua yg baru belajar memasak jg pasti bisa untk membuatnya, dan mudah-mudahan rasanya jg nikmat.
Membuat Oncom Sangrai Citarasa Nikmat & Lezat
Nah untk anda yg ingin membuat masakan yg satu ini, segera saja siapkan semua bahan yg diperlukan pd resep yg akan kami bagi seaat lagi, lalu siapkan jg peralatan yg diperlukan. Nah saat ni kami akan segera membagikan resep oncom sangrai yg sederhana. Untuk itu simak saja resep yg berikut ini.
Bahan-bahan :
  • 200 gram oncom
  • 3 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu-bumbu :
  • 7 butir bawang merah (diiris tipis)
  • 4 siung bawang putih (diiris tipis)
  • 4 buah cabai rawit merah (diiris tipis)
  • 4 buah cabai merah keriting (diiris tipis)
  • 2 cm lengkuas (diiris tipis)

Bahan tambahan :
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok teh bubuk kaldu ayam
  • 2 sendok makan kecap manis
  • Garam secukupnya

Cara membuatnya :
  1. Oncom ditumbuk hingga hancur, lalu sisihkan. Panaskan minyak dlm wajan lalu tumis bumbu-bumbu irisan dan daun salam hingga keluar aroma harum.
  2. Selanjutnya masukkan oncom yg sudh ditumbuk tadi, masak dgn api kecil dan aduk-aduk hingga oncom mulai matang. Masukkan garam, bubuk kaldu ayam dan kecap manis. Aduk-aduk lagi semua campuran bahan tersebut masih dgn menggunakan api kecil hingga oncom matang dan kering, lalu segera angkat.

Oncom sangrai sudah jadi, sangat mudah dan cepat bukan? Kini anda sekeluarga bisa menikmati hasil masakan yg pastinya nikmat dan lezat. Masakan yg telah jadi di atas dpt disajikan untk empat orang. Selamat mencoba dan tetap berkreasi.

other source : http://liputan6.com, http://tempo.co, http://menuinternasional.com

Related Posts by Categories

0 comments:

Post a Comment